JK : Kunci Wirausaha Adalah Kemauan dan Kerja Keras

Posted by Administrator on 02 September 2014 in Kategori | Penelitian

Unkhair.AC.ID. Rangkaian kegiatan memperingati 50 tahun (tahun Emas) Universitas Khairun mendapat kunjungan istimewa dari Ketua Palang Merah Indonesia Drs.H.M. Jusuf Kalla, kunjungan ini berbarengan dengan pelaksanaan donor darah masal dengan tema “ sejuta tetes darah untuk kemanusiaan” yang dilaksanakan pada Rabu, 30/4 bertempat di gedung rektorat. Kunjungan JK ini disambut meriah oleh sivitas akademika unkhair karena disamping menyaksikan donor darah masal, beliau juga menyampaikan kuliah umum dengan tema “ Membangun Jiwa kewirausahaan dan sosial di perguruan tinggi”.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Dr.Ir.Abdurahman Hoda, M.Si menyampaikan bahwa kehadiran Bapak Drs.H.M.Jusuf Kalla adalah kerjasama panitia Dies Natalis yang ke-50 Unkhair dengan Palang merah Indonesia Cabang Maluku Utara adalah bentuk kepedulian kampus untuk menjalankan pilar pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk donor darah.

“ Kami melihat bahwa Palang Merah Indonesia khususnya di wilayah Maluku Utara, sangat kesulitan jika ada kebutuhan darah khususnya golongan darah tertentu, dan hal ini  mereka datang kekampus terutama mahasiswa kami untuk memintakan kesediaan mendonorkan darahnya, dengan dasar ini kami panitia berinsiatif untuk melakukan kegiatan donor darah masal, dan sykur alhamdulilah panitia berhasil mengumpulkan sebanyak 75 kantong darah yang terbagi dalam beberapa golongan darah”, demikaian papar Hoda.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unkhair Prof.Dr.Husen Alting SH.MH dalam sambutannya selain menguraikan sejarah berdirinya Unkhair, juga mengharapkan agar Drs. H.M Jusuf kalla dalam kapasitasnya sebagai Ketua Palang Merah Indonesia dan juga sebagai mantan Wakil Presiden RI dapat mendukung dan memfasilitasi berdirinya Fakultas Kedokteran di Unkhair.

“ Kami sudah menempuh proses-proses formal, namun perlu juga dukungan secara politis untuk mendirikan fakultas kedokteran di Unkhair, oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungan bapak JK agar turut mendorong berdirinya fakultas kedokteran ini.” Demikian jelas Rektor.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya Drs. H.M. Jusuf Kalla memaparkan bahwa kunci wirausaha terletak dalam dua hal yaitu; Kemauan dan Kerjakeras. “ Orang Tua saya adalah pengusaha, dan ini diturunkan kepada saya, namun jika saya tidak punya kemauan dan tidak bekerjakeras maka hal ini tidak mungkin akan tercapai. Orang tua saya hanya lulusan Sekolah Dasar, bisa maju dalam usahanya, sementara saya adalah sarjana, maka saya harus lebih maju dari orang tua saya”’ demikian tutur JK.

Kuliah umum ini sangat menarik, walaupun kurang lebih 30 menit, tetapi diiringi dengan dialog interaktif antara Jk dengan dosen dan mahasiswa yang dapat menjadi inspiratif bagi civitas akademika di Unkhair.